E-Business dan E-Government

Assalamualaikum Wr.Wb

Sudah sekian lama tidak pernah menulis cerita apapun di blog yang pernah terkenal se-antero SMA 6 Tangsel ini (maaf, berlebihan hahaha), apa kabar teman-temanku? Mohon maaf, terlalu banyak kegiatan di kampus sampai lupa dengan laman bersejarah dan sangat memberi kenangan ini. Hihi...
Sekarang pun kembali bukan untuk berbagi cerita seperti biasanya, tapi untuk mengerjakan tugas di mata kuliah semester baru, yaitu mata kuliah Sistem Informasi Lanjut.
Omong-omong, sekarang saya sudah semester 5 lho. Tidak terasa, 1 semester lagi insya'allah perkuliahan saya dapat selesai dengan lancar aamiin.

Oke, dari judul teman-teman sudah tahu kan saya akan membahas apa? Yup, E-Business dan E-Government. Dari awal semester dulu, saya sudah selalu dibiasakan mendengar dan menjadi sangat terbiasa dengan kedua istilah ini. Sehingga bukan hal yang asing lagi untuk membahas keduanya. Tapi jujur, dalam penulisannya, terkadang saya masih bingung meletakkan huruf S double di dalam kata business--alias saya masih menulis dengan kata "bussines". Hahaha, hal kecil ini hampir selalu saya lakukan setiap kali menulis kata ini di buku saya.

Lupakan tentang itu, mari kita bahas satu persatu.

Mendengar kata E-Business sangat erat kaitannya dengan istilah E-Commerce. Tapi tahukah Anda bahwa E-Commerse merupakan bagian dari E-Business?
Yup, E-Business tidak hanya melulu berkaitan dengan perdagangan yang dilakukan secara elektronik, tetapi lebih dari itu yaitu soal pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam perusahaan.
Menurut Huff Sid L dkk dalam bukunya yang berjudul Cases in Electronic Commerce tahun 2000, E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. Sedangkan bisnis yang kita tahu jaringannya sangat luas, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, seperti: pelayanan pelanggan, e-learning (pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer, dan/atau internet), dan transaksi elektronik dalam perusahaan, dll.
Contoh aplikasi Sistem Informasi E-Business adalah Harian Kompas Online.

Bagaimana, sekarang apakah Anda sudah paham mengenai istilah E-Business? Nah, sekarang saya akan membahas istilah yang kedua dalam judul, yakni E-Government.
Apa lagi, tuh? Nah, makanya simak dengan baik ya. ;)

E-Government merupakan upaya pemerintah untuk menyelenggarakan segala urusan kepemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis elektronik. E-Government ini dilakukan agar dapat membantu kegiatan kepemerintahan agar lebih efisien dan terciptanya transparansi sistem pemerintahan serta mengurangi terjadinya korupsi, dll.
Dengan adanya E-Government, hubungan antara pemerintah dan masyarakat umum pun menjadi baik.
Tapi apakah arti istilah E-Government itu sendiri? Yuk, sekarang kita simpulkan menggunakan penjelasan di atas!
E-Government adalah pemerintahan yang menggunakan teknologi sebagai perangkat pendukung utama kemudian dikombinasikan dengan layanan-layanan dan informasi dari pemerintahan dan diperuntukkan bagi masyarakat.
Sekarang ini pemerintah Indonesia sedang gencar menerapkan E-Government dan di tahun 2019, diharapkan E-Government sudah diterapkan di tingkat Kabupaten/Kota. Sebagai masyarakat yang baik, kita doakan semoga hal ini dapat segera terealisasi. :)
Contoh aplikasi Sistem Informasi E-Givernment adalah MANTRA, siMAYA, PNSMail, dll.

Nah, teman-teman, kutunggu komentarmu di comment box di bawah tulisan ini ya. ;)

Wassalamualaikum. Go Techno!


DAFTAR PUSTAKA:
Esa Unggul, Universitas, 2013. Corporate Portal Pertemuan 1, http://csc408.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/983/2013/05/Corporate-Portal-Pertemuan-1.pdf
Aprillins, 2009. Perbedaan antara E-Commerce dengan E-Business, http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/
Gunadarma, Universitas, 2007. Pengertian E-Learning, http://elearning.gunadarma.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=13&Itemid=39
Maxmanroe. Indonesia Sambut E-Government, Seperti Apa Pemerintahan Tersebut?, https://www.maxmanroe.com/indonesia-sambut-e-government-seperti-apa-pemerintahan-tersebut.html
Idjoel. Apa sih Pengertian E-Government?, http://www.idjoel.com/apa-sih-pengertian-e-government/
Kominfo, 2013. Aplikasi e-Government, http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3319/Aplikasi+e-Government/0/e_government#.VeviAaTtmko

Komentar

  1. Terimakasih atas informasinya puji semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali atas apresiasinya. :D

      Hapus
  2. Mengapa penerapan e-Goverment di indonesia belum berjalan dengan baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena masyarakat Indonesia yang masih belum terbuka sepenuhnya dengan teknologi yang ada.

      Hapus
  3. terimakasih atas informasinya, menambah inspirasi untuk tulisan saya, tapi saya ingin bertanya, di indonesia kan masih banyak masysrakatnya yang tidak mengerti internet bahkan komputer, bukan hanya yang lanjut usia tapi yang muda-muda juga, sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang e-gov ini, jadi apakan e-gov benar-benar efisien untuk indonesia atau adakah cara efektif untuk sampai di tahun 2019 masyarakat sudah tidak buta internet lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya E-Gov efisien kok untuk pembangunan di Indonesia, karena dari hakikat teknologi itu sendiri kan bersifat mempermudah dan dg cara efektif, menurut saya Indonesia lebih disosialisasikan lg mengenai teknologi yang ada dan untuk Pemerintah agar cepat membuat program E-Gov. :)

      Hapus
  4. Terima kasih kak untuk postingannya... Selamat kembali jadi Blogger lagi ya kak... Sukses Kuliahnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, semoga sukses juga :)

      Hapus
  5. makasih infonya puji! sangat bermanfaat! :) ditunggu postingan selanjutnya ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Fitri atas kunjungannya. Wah, senang sekali disambut. Tunggu ya :)

      Hapus
  6. terimakasih atas infonya mengenai e-business dan e-government, puji . sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Putri, terima kasih sudah berkunjung. Yuk, tingkatkan penerapan teknologi di Indonesia agar Indonesia bisa lebih baik :)

      Hapus
    2. sist, mengenai website revolusi mental yang dikabarkan seharga 140 M itu apakah termasuk e-governmet. keuntungannya buat masyarakat apa ? bukankah malah merugikan masyarakat dengan pencucian uang yang bermain di balik pembangunan website tersebut. ?

      Hapus
    3. Menurut saya dan sepengetahuan saya, karena website itu dibangun dan ditujukan sebagai program Gerakan Nasional Revolusi Mental, di bawah Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), maka website tersebut termasuk E-Government. Keuntungan sungguh banyak menurut saya, apalagi pemerintah tidak akan melakukan suatu hal yang merugikan bagi masyarakatnya.
      Untuk dana yang disebut-sebut menghabiskan uang sekitar 140 M, yang saya tahu itu tidak hanya untuk pembangunan website saja, tetapi juga meliputi kegiatan setelahnya seperti sosialisasi, seminar, dan promosi website.
      Tapi jika mengingat jumlah dana yang begitu besar, alangkah lebih baik Pemerintah berpikir lebih keras untuk mengurangi dana yang katanya belum sempat diturunkan itu. :) Terima kasih Nazwir pertanyaan hebatnya.

      Hapus
  7. Informasinya bagus, namun saya juga ingin bertanya apakah e-business sangat berpengaruh di Indonesia? mohon beri penjelasan, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara tidak langsung menurut saya berpengaruh karena setiap orang bisa bekerja dengan adanya e-business, tidak terbatas tempat dan waktu. Sehingga warga juga sejahtera dan itu salah satu faktor yang dapat membuat negara maju. Begitu sekiranya menurut saya. Terima kasih pertanyaannya Mbak Puput :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan dan Kesan Kuliah di Kampus Diploma IPB

Penulis? *tsah!

Cerita di Balik Pemilihan Jurusan Kuliah