Sudahkah Tahu IoT?

Setelah kembali dengan tulisan yang berjudul E-Business dan E-Government, kini saya mahasiswi Manajemen Informatika Diploma IPB akan melanjutkan tulisan saya di blog dengan judul baru dan akan membahas tentang IoT.

Tahukah Anda apakah itu IoT?

IoT adalah kependekan dari Internet of Things. Istilah yang belakangan sering terdengar ini belum banyak orang yang mengetahui artinya. Saya sendiri belum terlalu paham dengan definisi yang banyak saya temui di internet. Tapi menurut saya, IoT bisa dikatakan sebagai benda-benda yang ada di sekitar kita yang dapat saling berkomunikasi melalui jaringan internet.

Wih keren! Makin kepo, nih.

Ternyata IoT ini awalnya muncul di tahun 1999 dalam presentasi Kevin Ashton, seorang pelopor Teknologi Inggris. Beuh, waktu itu umur saya masih 4 tahun, belum lancar ngetik 11 jari seperti sekarang. Ha-ha-ha (For Your Information: 11 jari, yang ngetik hanya dua jari, jari telunjuk kanan dan jari telunjuk kiri :()
Nah berkat Om Kevin ini, sekarang banyak perusahaan besar seperti Intel, Oracle, Microsoft, dll, yang mendalami teknologi IoT ini. Omong-omong soal Microsoft, Senior Technical Evangelistnya Microsoft tanggal 4 Oktober 2015 nanti akan datang di acara IT Fest lho!

Pernah tidak Anda membayangkan lemari pendingin / kulkas Anda bisa mengirimkan pesan WhatsApp sendiri kepada Anda yang berisi pemberitahuan daftar makanan dan minuman yang habis?
Atau pintu rumah Anda dapat terbuka sendiri begitu tahu Anda akan masuk?
Atau mungkin tentang kamera di jalan yang dapat merekam setiap kejadian yang ada di jalan tersebut termasuk kecelakaan yang terjadi, lalu kamera tersebut menyalurkan deteksi kecelakaan itu ke gedung pusat pengaturan kamera jalan tersebut kemudian di sana terjadi pemrosesan sedemikian rupa tentang data kecelakaan, lalu menyebarkannya ke jalan-jalan sehingga menghasilkan informasi yang dapat digunakan oleh pengemudi lain di jalan yang akan melalui jalan yang terjadi kecelakaan tersebut agar dialihkan ke jalan yang lain? Gimana, cukup ribet pertanyaannya? Hihihi
Nah, kira-kira bayangan tentang IoT seperti itu.

Keren kaaan??

Aplikasi yang menggunakan IoT adalah eFishery, yaitu alat pakan ikan otomatis.
eFishery menyediakan solusi berbasis teknologi yang inovatif dengan harga terjangkau untuk memberi pakan otomatis yang menggunakan sensor untuk mengukur nafsu makan ikan dan memberikan pakan dalam dosis yang dibutuhkan.

Sekarang muncul pertanyaan tentang kesiapan Indonesia menghadapi IoT ini nih. Kira-kira menurut Anda bagaimana?

Tapi menurut Tony Seno Hartono selaku National Technology Officer Microsoft Indonesia, pemrograman IoT tidaklah sulit di sisi device dan banyak SDM lokal yang bisa melakukannya, meskipun kebanyakan baru di tingkat hobi dan belum ditekuni secara profesional. Selain itu, Tony juga menambahkan, bahwa belum banyak yang menyadari bahwa potensi IoT besar sekali.
Nah, kalau tentang keamanan, Tony berkata,

"Resiko negatif mungkin karena awareness terhadap keamanan dan privasi yang masih rendah. Banyak orang membuat suatu solusi IoT misalnya untuk memonitor keamanan rumah, namun lupa dari sisi keamanan dan privasi, sehingga begitu layanan dihidupkan maka peretas / hacker segera punya akses ke sistem ini dan bisa melakukan penyusupan." "Saya melihat resiko negatif ini jauh lebih sedikit daripada manfaatnya yang luar biasa yang masih belum tergali sampai saat ini."
Begitu ternyata, teman-teman.
Untuk lebih mendalami tentang IoT, berikut saya bagikan video:



Nah, menurut Anda sebagai generasi muda bagaimana? Yuk, buat Indonesia siap menghadapi IoT dan dalami IoT agar cerdas berkegiatan sehari-sehari.

Omong-omong, jadi generasi muda yang baik dengan belajar sungguh-sungguh juga akan membantu Indonesia menjadi lebih baik kok. :D Go Techno!



DAFTAR PUSTAKA:
Ramadoni, Faisal, 2014. Apa itu Internet of Things?, http://teknojurnal.com/definisi-internet-of-things/
Eka Yonida, Randi, 2014. Kesiapan Indonesia Mengadopsi Internet of Things, https://dailysocial.net/post/siapkah-indonesia-internet-of-things
Wikipedia, 2015. Kevin Ashton, https://en.wikipedia.org/wiki/Kevin_Ashton?setlang=id
Komputer, Info, 2015. Alat Pakan Ikan Otomatis eFishery Raih Pendanaan dari Aqua-spark dan Ideosource, http://www.infokomputer.com/tag/internet-of-things/

Komentar

  1. Kakak lagi update teknologi terus ya kak ??? Postingannya tentang teknologi lagi nihhh... Setelah yang postingan kemarin ngebahas E-business... hehehe
    Lanjutin postingan tentang teknologinya ya kak... Sangat membantu soalnya di era teknologi seperti sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak komentarnya Ayuti. Semoga bisa terus menjadi pemirsa blog saya ya. Salam sukses! :D

      Hapus
  2. Keren !! bermanfaat.
    Kunjungin juga : http://arifwidiyatmiko.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. postingannya bermanfaat dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, terimakasih puji.
    yang ingin saya tanyakan, Apakah Indonesia sudah siap secara SDM dan infrastruktur untuk menerapkan IoT dengan melihat landscape teknologi yang ada?

    BalasHapus
  4. sangat bermafaat . terimakasih :)

    BalasHapus
  5. terima kasih postingannya,tapi tetap harus diingat bahwa keamanan itu paling penting,agar para hacker tidak bisa masuk ria di aplikasi tersebut.heheheh

    BalasHapus
  6. terimakasih untuk postingannya, dari susunan kata-kata yang selow (tidak kaku) sangat menarik dan menyenangkan, membuat pembaca tidak bosan. bagimana dengan sistem keamanan dari IoT itu sendiri apakah sudah dimanajemen dengan baik ?

    BalasHapus
  7. Keren infonya tapi Indonesia masih belum siap untuk IoT menurut saya. kunjungi juga yah yutricode.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Terima kasih penulis atas artikelnya
    Jadi lebih ngerti tentang IoT nih
    Apalagi pembawaannya dengan bahasa yang mudah untuk dicerna
    Pengen sih dengan ajakan penulis tentang memajukan indonesia dengan IoT,Tapi masih banyak sekali kendala yang sulit untuk dihadapi.
    Seperti internet yang masih lambat dan belum merata.. Jadi menurut saya sulit untuk diterapin.

    Jangan lupa kunjungin blog saya juga ya:
    http://advocadofriends.blogspot.co.id/2015/09/internet-of-things-iot.html

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas postingannya,mudah dimengerti. Namun apakah indonesia sudah siap menerima segala perubahan dan menerapkan dari IoT ini ?

    BalasHapus
  10. GROSIR MUKENA SYAHRINI kualitas premium, trendy, dan nyaman.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan dan Kesan Kuliah di Kampus Diploma IPB

Penulis? *tsah!

Cerita di Balik Pemilihan Jurusan Kuliah